Pembelajaran Bahasa Arab (Bgn.2)

PART 2

????? ???????????
ISIM ISYAROH ( KATA TUNJUK)


Isim Isyarah Mufrad (tunggal) mudzakkar dan mu’annats
????? ???????????????? ??????????????? ????????????? # ????? ?????? ??? ??? ????? ???????? ?????????
Menunjuklah kamu! dengan menggunakan ??? untuk kata tunjuk mufrad mudzakkar. Dan ambil cukupkanlah! dengan menggunakan ?? - ?? - ?? - dan ?? untuk kata tunjuk mufrad mu’annats.

Isim Isyarah Mutsanna (dual) mudzakkar dan mu’annats
??????? ????????? ???????????? ????????????? # ????? ??????? ?????? ?????? ??????? ??????
Adapun ????? (male) dan ????????? (female) digunakan untuk kata tunjuk Mutsanna (dual) yang mahal rofa’. Dan yg selain mahal rofa’ (mahal nashab dan jar-nya), sebutkanlah! ?????? (male) dan ??????(female), maka kamu termasuk orang yg taat.

Isim Isyarah Jamak mudzakkar dan mu’annats
??????????? ?????? ???????? ????????????? # ?????????? ??????? ??????? ????????? ????????
Menunjuklah kamu! dengan menggunakan ??????? untuk kata tunjuk jamak secara mutlak (untuk male atau female) adapun memanjangkannya adalah lebih utama (menjadi: ???????? ). Dan ucapkanlah olehmu! untuk kata tunjuk jauh ……

Penggunaan Kata Tunjuk Jauh
?????????? ???????? ?????? ????? ???? ?????? # ?????????? ??? ???????????? ???? ???????????????
… dengan menambah huruf Kaf dengan tanpa Lam atau menyertainya (menjadi ??? atau ????). Penggunaan tambahan Lam itu dicegah apabila kamu mendahulukan dengan huruf Tanbih ??? (menjadi: ???????, tidak boleh ????????? ).

Isim Isyarah Makan (Kata tunjuk tempat) Dekat
?????????? ???? ??????? ????????? ???? # ?????? ?????????? ?????? ???????? ?????
Menunjuklah kamu! kepada tempat yang dekat dengan menggunakan ?????? atau ???????. Dan sambungkanlah! dengan Kaf pada Isim Isyarah tempat tsb, untuk ….


Isim Isyarah Makan (Kata tunjuk tempat) Jauh
??? ????????? ???? ??????? ???? ???? ?????? # ???? ????????????? ??????????? ???? ????????
… tempat yang berada jauh, atau ucapkan! dengan memilih menggunakan ????? atau ??????, ataupun ucapkanlah dengan menggunakan ??????????? atau ????????.

?????????????
MAUSHUL


BENTUK ISIM MAUSHUL MUFRAD (TUNGGAL) DAN MUTSANNA (DUAL)

????????? ?????????? ??????? ????????? ??????? # ????????????? ???? ??? ???????????? ??? ??????????????
Adapun Isim Mausul yaitu ??????? (jenis laki) dan untuk jenis perempuan yaitu ???????. Jika keduanya di tatsniyahkan (dual), maka huruf Ya’nya jangan ditetapkan/dibuang…

???? ????? ????????? ???????? ??????????????? # ??????????? ??? ???????? ????? ?????????
Akan tetapi, terhadap huruf yang tadinya diiringi oleh Ya’ yang dibuang tsb, sekarang iringilah! dengan (memasang) tanda Alamah I’rob (menjadi: ????? dan ????? ketika mahal Rofa’. dan menjadi: ??????? dan ?????? ketika mahal Nashab dan Jarr). adapun Nunnya jika ditasydidkan, maka tidak ada celaan untuk itu.

??????????? ???? ?????? ???????? ???????? # ???????? ??????????? ??????? ???????
Demikian juga boleh ditasydidkan, yaitu Nunnya dari (isim isyarah dual) ?????? dan ??????. Pentasydidan tersebut, dimaksudkan sebagai Penggantian (dari huruf yg dibuang yaitu Ya’nya Isim Maushul dan Isim Isyaroh ketika dibentuk tatsniyah (dual))


BENTUK ISIM MAUSHUL JAMA’ (JAMAK)

?????? ??????? ?????? ?????????? ????????? # ???????????? ?????????? ???????? ???????
Jamaknya lafadz ??????? (Isim Maushul tunggal male) adalah ?????? atau ?????????? secara muthlaq (baik untuk mahal Rofa’, Nashab dan Jarr). Ada sebagian dialek orang Arab berbicara dengan menggunakan Wau ketika mahal Rofa’ (menjadi: ??????????? )
?????????? ?????????? ??????? ???? ??????? # ??????????? ???????????? ???????? ???????
Lafadz ??????? (Isim Maushul tunggal female) sungguh dijamakkan dengan menjadi ???????? atau ???????? . Ditemukan juga ????????  dihukumi seperti ?????????? (isim maushul jamak untuk male) tapi jarang.

BENTUK ISIM MAUSHUL MUTHLAQ (UMUM)

?????? ????? ?????? ???????? ??? ?????? # ???????? ??? ?????? ??????? ??????
Adapun Isim Maushul ????, ???, dan ???? adalah menyamakan hukumnya dengan Isim Maushul yg telah disebut sebelunnya. (artinya: bisa digunakan untuk Male, Female, tunggal, dual, atau Jamak). Seperti itu juga hukumnya, yaitu Isim maushul berupa ??? terkenal penggunaannya dikalangan dialek kaum Thayyi’.

BENTUK ISIM MAUSHUL QAUM THAYYI’

??????????? ??????? ??????????? ????? # ?????????? ????????? ????? ???????
Demikian juga ditemukan di kalangan kaum Thayyi’, penggunaan ????? seperti kedudukan ???????? (Isim mausul jenis female tunggal), juga penggunaan ??????? menempati kedudukan ???????? (Isim mausul untuk  jenis female jamak).

BENTUK ISIM MAUSHUL (???)

???????? ??? ??????? ??? ????????????? # ???????? ???? ???? ?????? ??? ??????????

Isim Maushul ??? statusnya sama dengan isim Maushul ??? (dipakai untuk tunggal, dual, jamak, male dan female), dengan ketentuan ??? jatuh sesudah ?? Istifham atau ?? Istifham, syaratnya ??? tidak dibatalkan didalam Kalam (maksudnya: ??? dan ??/?? tsb, tidak dijadikan satu kata Istifham (kata tanya)).

BENTUK SHILAH ISIM MAUSHUL

???????????? ????????? ?????????? ??????? # ????? ???????? ??????? ????????????
Setiap Isim-Isim Maushul ditetapkan ada Shilah (jumlah/kalimat keterangan) setelahnya,  yang mencakupi atas Dhomir yang sesuai (ada Dhamir/’Aid yg  kembali kepada Isim Maushul).

?????????? ??? ????????? ??????? ?????? # ???? ?????? ??????? ??????? ??????? ??????
Shilah yang tersambung oleh Isim Maushul, biasanya terdiri dari Jumlah atau Shibhul Jumlah (serupa jumlah). seperti contoh: ???? ??????? ??????? ??????? ??????
????????? ?????????? ???????? ???? # ??????????? ?????????? ??????????? ????
Bentuk Sifat Sharihah (Isim Fai’l/Isim Maf’ul/Sifat Musyabbah) merupakan Shilah untuk Isim Mausul ?? “AL”,  sedangkan Shilah-nya yang berupa Fi’il Mu’rob (Fi’il Mudhori’) jarang adanya.

ISIM MAUSHUL AYYUN (?????) DAN BENTUK SHILAHNYA

????? ????? ???????????? ??? ???? ?????? # ???????? ????????? ???????? ?????????
Isim Mausul ??? “Ayyun” dihukumi seperti Isim Maushul “Ma” (bisa untuk Mudzakkar, Muannats, Mufrod, Mutsanna juga Jama’) selagi tidak Mudhaf dan Shadar Silah-nya (‘A-id yg menjadi permulaan Shilah) adalah berupa Dhamir yang terbuang.

???????????? ???????? ?????????? ????? # ??? ????????? ?????? ?????? ????? ?????????
Sebagian Ulama Nahwu menghukumi Mu’rab Isim Mausul ??? “Ayyun” secara Muthlaq (sekalipun ??? Mudhaf dan Shodar Shilahnya dibuang). Sedangkan didalam hal pembuangan Shadar Shilah ini, Isim Maushul yg selain  ??? juga mengikuti jejak ??? … dengan syarat….?


PEMBUANGAN SHADAR SHILAH (‘A-ID MARFU’)
???? ?????????? ?????? ?????? ???? ?????????? # ??????????? ?????????? ??????????? ???? ??????????
…apabila Shilahnya dipanjangkan. Dan apabila tidak dipanjangkan, maka pembuangan Shadar Shilah jarang ditemukan. Juga Mereka (Ulama Nahwu) melarang terhadap pengurangan Shilah (dari sebab pembuangan Shadarnya)…?

??? ?????? ????????? ???????? ???????? # ??????????? ?????????? ????????? ?????????
…apabila sisa Shilah itu (setelah pembuangan Shodarnya) masih cocok menjadi Shilah yang sempuna (berakibat menjadi Shilah dg lain pengertian dari asal sebelum dibuang). Adapun pembuangan ‘A-id Shilah oleh mereka (Ulama Nahwu/orang Arab), banyak digunakan dan jelas … ?

PEMBUANGAN ‘A-ID MANSHUB

??? ??????????? ??????????? ???? ??????????? # ???????? ??? ?????? ?????? ??????? ??????
…didalam ‘A-id yang Muttashil (Aid Shilah Maushul yang berupa Dhomir Muttashi Manshub) bilamana dinashabkan oleh Fi’il atau Sifat. Seperti contoh ???? ??????? ??????. (takdirannya: ???? ????????? ??????)

PEMBUANGAN ‘A-ID MAJRUR

??????? ?????? ??? ???????? ??????? # ???????? ????? ?????? ??????? ???? ?????
Seperti itu juga (banyak digunakan dan jelas) yaitu pembuangan ‘Aid yang dikhofadkan/dijarkan oleh kata sifat. Seperti lafadz ?????? ????? (takdirannya: ?????? ???????? ) setelah Fi’il Amarnya lafadz ????? (dari Firman Allah QS 20:72. ??????? ??? ?????? ????? )

????? ??????? ????? ????? ????????????? ???? # ?????????? ??????????? ???????? ???????? ????????
Demikian juga (sering membuang Aid pada Shilah Maushul) yaitu Aid yang dijarkan oleh Huruf yg menjarkan Isim Maushulnya (dg Amil yg seragam). Sebagaimana contoh: ???????? ??????????? ???????? ???????? ???????? (takdirannya: ???????? ??????????? ???????? ????)

???????????? ????????? ??????????????
Isim yang di ma’rifah-kan (yang ditentukan) oleh perangkat ma’rifat


AL MA’RIFAT

???? ?????? ?????????? ???? ???????? ?????? # ??????????? ????????? ????? ??????? ?????????
?? (AL atau Alif dan Lam) adalah Huruf pe-ma’rifat, atau  cukup katakan Lam-nya saja. Maka lafazh ??? yang kamu ma’rifatkan, ucapkanlah! dalam lafazh tersebut menjadi ?????.


PENGGUNAAN AL ZAIDAH LAZIM

??????? ??????? ????????? ?????????? # ??????? ???????????? ????? ????????
Terkadang ?? (AL) ditambahi sebagai AL  Zaidah yang Lazim (AL tambahan yang pasti/pembawaan, dinamakan AL zaidah karena tidak berfungsi mema’rifatkan) seperti lafazh???????? (Isim Alam/nama berhala di Makkah), ????? (Zharaf Zaman/masa waktu), ?????????? dan ???????? (semua Isim Maushul yang berawalan ??/AL).


PENGGUNAAN AL ZAIDAH GHAIR LAZIM DARURAH

????????????????? ?????????????? ????????????? # ????? ???????? ?????????? ??? ?????? ?????????
Dan terkadang ?? (AL) ditambahi karena Darurat Syi’ir (termasuk AL  Zaidah bukan Lazim) seperti lafazh ??????? ????????? dan lafazh ?????? ?????????? ??? ?????? ?????????


PENGGUNAAN AL ZAIDAH GHAIR LAZIM MELIRIK MA’NA ASAL

???????? ?????????? ???????? ?????? # ???????? ???? ???? ????? ?????? ???????
Sebagian isim-isim Alam juga dimasuki oleh ?? (termasuk AL  Zaidah bukan Lazim) untuk melirik pada makna asal, yang mana Isim Alam tsb sungguh telah dinukil darinya (yakni: makna lafazh asal sebelum dijadikan isim Alam/Alami Manqul).
??????????? ???????????? ??????????????? # ??????????? ??? ?????????????? ?????????
Seperti contoh  ???????? (Alami Manqul dari Isim Masdar), ????????? (Alami Manqul dari Isim Sifat) dan ??????????? (Alami Manqul dari Isim Jenis). Maka penyebutan AL ini, atau membuangnya sama saja (tidak mempengaruhi kema’rifatan Isim Alam)


PENGGUNAAN AL LIL GHALABAH DAN MUDHAF LIL GHALABAH

?????? ??????????? ??????????? ??????????????????? # ?????? ??? ?????????? ???? ?????????????
Dan terkadang menjadi Alami bil Ghalabah (khusus nama tertentu karena mengalahkan nama-nama lain yg serupa) yaitu Isim Mudhaf (Mudhaf lil Ghalabah, contoh Ibnu Abbas tertentu kepada Abdullah bin Abbas paman Rosulullah) dan Isim yang diberi AL (AL lil Ghalabah) seperti contoh Al-‘Aqabah (menjadi khusus nama jalan digunung Mina)

???????? ???? ??? ??? ??????? ???? ?????? # ??????? ????? ???????????? ???? ??????????
Dan wajiblah bagimu membuang Al Ghalabah ini, apabila kamu menjadikan ia (Alami bil Ghalabah) munada atau mudhaf. Terkadang juga Al Ghalabah ini dibuang pada selain keduanya (munada atau mudhaf)

????????????

BAB IBTIDA’
DASAR-DASAR KALIMAT SUSUNAN JUMLAH ISMIYAH

Mubtada’ dan Khabar
?????????? ?????? ???????????? ??????????? # ???? ?????? ?????? ??????? ???? ?????????
Adalah Mubtada’ yaitu lafadz ??? ,  dan lafazh ???? adalah Khabar, apabila kamu mengucapkan kalimat: ??? ???? ?? ?????. “Zaid adalah penerima alasan bagi orang yang mengemukakan alasan”

Mubtada’ dan Fa’il
????????? ???????????? ????????????????? # ??????? ?????? ??? ??????? ?????
Kalimah yang pertama adalah Mubtada’, dan kalimah yang kedua adalah Fa’il yang mencukupi (tanpa Khabar), didalam contoh kalimat: ? ??? ??? “apakah yang berjalan malam, keduanya ini?” (? = Huruf Istifham, ??? = Isim Sifat sebagai Mubtada’, ??? = sebagai Fa’il yg menempati posisi Khabar)

?????? ???????????????? ????????? ?????? # ???????? ?????? ??????? ????? ?????????
Dan kiaskanlah! (untuk contoh lain serupa ? ??? ??? = yakni, Mubtada’ dari Isim sifat (isim fa’il/isim maf’ul/isim musyabbah) yang diawali Istifham/kata tanya ( ????? – ?????? – ???? – ??? ) dan Fa’ilnya bisa isim Zhahir atau isim Dhamir). Juga seperti Istifham yaitu Nafi ( semua nafi yang pantas masuk pada isim ( ??? – ??? – ???? – ?????? – ?????? ) dan terkadang boleh (tanpa awalan Istifham atau Nafi tapi jarang) seperti contoh lafazh: ??????? ?????? ????????? “Yang beruntung mereka yg mendapat petunjuk”
??????????? ????????? ????? ?????????? ???????? # ???? ??? ????? ??????????? ??????? ?????????
Kalimah yg kedua adalah mubtada’ (menjadi Mubtada’ muakhkhar). Dan Isim Sifatnya ini (kalimah yg pertama) adalah Khabar (menjadi Khabar Muqaddam), apabila pada selain bentuk mufradnya ia menetapi kecocokan (yakni, sama-sama berbentuk Mutsanna atau jama’ misal: ? ????? ???).

I’RAB MUBTADA’ DAN KHABAR

????????????? ????????? ?????????????¤ ??????? ?????? ?????? ?????????????
Mereka (orang arab) me-rofa’kan Mubtada’ karena sebab Ibtida’ (‘Amil secara Ma’nawi, yakni menjadikan isim sebagai Pokok/Subjek kalimat, dikedepankan sebagai sandaran bagi kalimah lain sekalipun secara Lafzhi ada di belakang (mubtada’ muakhkhar)). Demikian juga rofa’-nya Khobar disebabkan oleh Mubtada’.

KHABAR DAN BENTUK-BENTUKNYA

Pengertian Khabar
??????????? ???????? ?????????? ???????????? # ???????? ????? ????????????? ??????????
Pengertian Khabar adalah juz/bagian penyempurna faidah, yang seperti kalimat: ????? ????? ???????????? ????????? “Allah adalah maha pemberi kabajikan. Dan kejadian-kejadian besar adalah sebagai saksi”.

Khabar Jumlah
?????????????? ?????? ????????? ?????????? # ????????? ??????? ??????? ???????? ????
Khabar ada yang datang berbentuk Mufrad (Khabar Mufrad, tidak terdiri dari susunan kata). Dan ada yang datang berbentuk Jumlah (Khabar Jumlah, tersusun dari beberapa kata) yg mencakup ada makna mubtada’(ada Robit/pengikat antara Mubtada’ dan Khabar jumlahnya), dimana Jumlah tsb telah terhubung (sebagai khobar) bagi Mubtada’nya.

?????? ??????? ???????? ??????? ??????????? # ????? ????????? ??????? ??????? ???????
Dan apabilah Jumlah tsb sudah berupa makna mubtada’, maka menjadi cukuplah Khabar dengannya (tanpa Robit) seperti contoh : ??????? ????? ??????? ??????? “adapun ucapanku: “Allah memadai dan cukup bagiku””

Khabar Mufrad
??????????????? ???????????? ??????? ?????? # ????????? ?????? ??? ???????? ??????????
Adapun khabar mufrad yang terbuat dari isim jamid (isim yang tidak bisa ditashrif ishtilahi) adalah kosong (dari dhamir) dan apabila terdiri dari isim yang di-musytaq-kan (isim musytaq hasil pecahan dari tashrif istilahi) maka ia mengandung dhamir yang tersembunyi (ada dhamir mustatir kembali kepada mubtada’/sebagai robit).
?????????????? ??????????? ?????? ????? # ??? ?????? ????????? ???? ??????????
Dan sungguh Bariz-kanlah! (gunakan Dhamir Bariz, bukan Mustatir) pada khabar mufrad musytaq tsb secara mutlak (baik Dhamirnya jelas tanpa kemiripan, apalagi tidak), ini sekiranya khabar tsb mengiringi mubtada’ yang mana makna khabar tidak dihasilkan untuk mubtada’ (khabar bukan makna mubtada’).

Khabar dari Zharaf dan Jar-Majrur
????????????? ???????? ??? ???????? ???? # ????????? ??????? ??????? ???? ???????????
Mereka (ahli Nuhat dan orang Arab) menggunakan Khabar dengan Zharaf atau Jar-Majrur, dengan niatan menyimpan makna ??????? atau ?????????.
????? ???????? ?????? ??????? ??????? # ???? ??????? ?????? ?????? ???????????
Tidak boleh ada Isim Zaman (Zharaf Zaman) dibuat Khabar untuk Mubtada’ dari Isim dzat. Dan apabila terdapat faidah, maka sungguh jadikan ia Khabar…!.


SYARAT KEBOLEHAN MUBTADA’ DARI ISIM NAKIRAH

????? ???????? ?????????? ?????????????? # ??? ???? ?????? ???????? ?????? ????????
Tidak boleh menggunakan mubtada’ dengan isim Nakirah selama itu tidak ada faidah, (yakni, boleh dengan persyaratan ada faidah) seperti contoh: ?????? ?????? ???????? “adalah disisi Zaid pakaian Namirah (jenis pakaian bergaris-garis yg biasa dipakai oleh orang A’rab Badwi)” (khabarnya terdiri dari zharaf atau jar-majrur yg dikedepankan dari mubtada’nya).

?????? ?????? ???????? ????? ????? ????? # ?????????? ???? ??????????? ?????????
(dan disyaratkan juga: ) seperti contoh ???? ?????? ?????? “adakah seorang pemuda diantara kalian?”(diawali dengan Istifham/kata tanya), dan contoh: ??? ????? ????? “tidak ada teman yang menemani kami” (diawali dengan Nafi), dan contoh: ?????? ???? ????????? ????????? “seorang lelaki yg mulia ada disisi kami”(disifati)
?????????? ??? ???????? ?????? ???????? # ???? ???????? ?????????? ??? ???? ???????
dan contoh: ???????? ??? ???????? ?????? “gemar dalam kebaikan adalah baik” (mengamal), dan contoh: ?????? ????? ??????? “berbuat kebajikan menghiasi (hidupnya)” (mudhaf). Dan dikiaskan saja! contoh lain yang belum disebut.


PERIHAL KEBOLEHAN MENDAHULUKAN KHABAR DARI MUBTADA’

?????????? ??? ??????????? ???? ?????????# ????????????? ???????????????? ???? ??? ?????????
Asal penyebutan Khabar tentunya harus di-akhirkan (setelah penyebutan mubtada’), dan mereka (orang arab/ahli nahwu)  memperbolehkan mendahulukan khabar bilamana tidak ada kemudharatan (aman dari ketidakjelasan antara khabar dan mubtada’nya).

PELARANGAN MENDAHULUKAN KHABAR DARI MUBTADA’NYA

Sama Nakirah atau Ma’rifat
??????????? ?????? ????????? ??????????? # ???????????? ????????????? ??????????? ??????????
Maka cegahlah mendahulukan Khabar…!  ketika  kedua juz (khabar & mubtada’) serupa ma’rifah-nya atau nakirah-nya, dalam situasi keduanya tidak ada kejelasan. (karena dalam hal ini, pendengar atau pembaca tetap menganggap khabarlah yang dibelakang)

Khabar dari kalimah Fi’il atau Khabar yg di-mahshur
????? ???? ??? ????????? ????? ?????????? # ???? ???????? ???????????????? ???????????
Demikian juga dilarang khabar didahulukan, bilamana ia berupa kalimah Fi’il sebagai khabarnya (karena akan merubah susunan kalimat menjadi jumlah Fi’liyah/fi’il dan fa’il). Atau dilarang juga (menjadikan Khabar muqaddam) yaitu penggunaan khabar dengan maksud dimahshur/dipatoki (dengan ???????? atau ??????).(karena fungsi me-mahshur-kan khabar adalah untuk meng-akhirkannya).

Khabar bagi Mubtada’ yg ber-Lam Ibtida’ atau Mubtada’ dari Isim Shadar Kalam
???? ????? ?????????? ????? ????? ???????? # ???? ?????? ?????????? ?????? ??? ?????????
Atau dilarang juga (khabar didahukukan) yaitu menjadikan Khabar disandarkan pada Mubtada’ yg mempunyai lam ibtida’ (karena kedudukan Lam Ibtida’ adalah sebagai Shadar Kalam/permulaan kalimat). Atau disandarkan kepada mubtada’ yang semestinya berada di awal kalimat seperti contoh: ???? ??? ????????? “siapakah sang penolong untuk ku?” (mubtada’ dari isim istifham).

KHABAR WAJIB DIDAHULUKAN DARI MUBTADA’NYA (KHABAR MUQADDAM & MUBTADA’ MUAKHKHAR)
???????? ??????? ???????? ????? ?????? # ??????????? ?????????? ????????????? ???????????
Contoh seperti ??????? ???????? “aku punya dirham” (yakni, khabarnya terdiri dari Zharaf dan Mubtada’nya terdiri dari isim Nakirah) dan ??? ??????  “aku ada keperluan” (yakni, khabarnya terdiri dari Jar-majrur dan Mubtada’nya terdiri dari isim Nakirah) adalah diwajibkan pada contoh ini mendahulukan Khabar.
????? ????? ????? ???????? ???????? # ???????? ???? ?????? ?????????? ??????????
Seperti itu juga wajib mendahulukan khabar, bilamana ada Dhamir yang tertuju kepada Khabar, tepatnya dhamir yang ada pada Mubtada’ yang  dikhabari oleh Khobanya, sebagai penjelasan baginya (contoh: ??? ???????? ??????????  “penghuni rumah ada di dalam rumah”)
????? ????? ???????????? ??????????? # ??????????? ????? ????????????? ??????????
Demikian juga wajib khabar didahulukan dari mubtada’, bilamana khabar tsb sepantasnya ditashdirkan/dijadikan pembuka kalimat. Seperti contoh: ???????? ????? ????????????? ?????????? “dimanakah ia yang kamu yakini sebagai penolong?” (khabarnya terdiri dari Isim Istifham).
???????? ???????????? ??????? ?????? # ????????????? ????? ???????????? ??????????
Dahulukanlah…! Selamanya terhadap Khabar yang dimahshur (dengan ???? atau ??? ) contoh: ???????? ????? ????????? ????????  “tidaklah kami mengikuti kecuali ikut kepada Ahmad”


PERIHAL KEBOLEHAN MEMBUANG KHABAR ATAU MUBTADA

contoh boleh membuang Khabar
??????? ??? ???????? ??????? ????? # ???????? ?????? ?????? ???? ???????????
Membuang suatu yang sudah dimaklumi adalah boleh,  sebagaimana kamu menjawab: ?????? “Zaid” setelah pertanyaan: ???? ??????????? “Siapakah yg bersama kalian?“

contoh boleh membuang mubtada’
????? ??????? ?????? ?????? ???? ?????? # ?????????? ????????????? ??????? ???? ???????
juga didalam jawaban pertanyaan contoh: ?????? ?????? “Bagaimana Zaid?”, jawab saja! ?????? “Sakit“. maka dicukupkan tanpa perkataan zaid, karena sudah diketahui.

KHABAR YANG WAJIB DIBUANG

???????? ??????? ????????? ?????? ????????? # ?????? ????? ????? ???????? ??? ?????????
Lazimnya setelah lafazh LAULAA, membuang khabar adalah wajib (contohnya: ???? ???? ???????? “andaikata tidak ada Zaid, sungguh aku telah mendatangimu“). Juga didalam penggunaan Mubtada’ nash sumpah, demikian ini (hukum wajib membuang khabar) tetap berlaku (contohnya: ?????????? ??????????? “demi hidupmu… sungguh akan kukerjakan“).
???????? ????? ????????? ?????????? ???? # ???????? ????? ????????? ??????? ????????
juga (tetap berlaku wajib membuang khabar) yaitu setelah Wawu yang menentukan mafhum makna Ma’a “beserta“.  sebagaimana contoh: ????? ????????? ??????? ???????? “Setiap yang berbuat beserta perbuatannya”.
???????? ????? ??? ???????? ??????? # ???? ??????? ????????? ???? ?????????
juga (tetap berlaku wajib membuang khabar) yaitu sebelum haal yang tidak bisa menjadi khobar (tapi sebagai sadda masaddal-khobar/menempati kedudukan khobar) dari mubtada’ yang khobarnya benar-benar disamarkan
?????????? ????????? ????????? ????????? # ????????? ?????????? ??????????? ????????????
Seperti contoh : “Dhorbiyal ‘Abda Masii-an” = pukulanku pada hamba bilamana ia berbuat tidak baik (yakni, mubtada’ dari isim masdar dan sesudahnya ada haal menempati kedudukan khobar) dan contoh “Atammu Tabyiiniy al-haqqa manuuthon bil-hikam” = paling finalnya penjelasanku bilamana sudah manut/sesuai dengan hukum.

KEBOLEHAN MENJADIKAN BANYAK KHOBAR DENGAN SATU MUBTADA‘
???????????? ??????????? ???? ??????????? # ???? ??????? ??????? ??????? ????????
Mereka (ulama nuhat/orang arab) menggunakan khabar dengan dua khobar atau lebih dari satu mubtada’, contoh “Hum Saraatun Syu’aroo-un” =  mereka adalah orang-orang luhur para penyair.

???? ??????????????
KAANA DAN SAUDARA-SAUDARANYA

PENGAMALAN KANA DAN SAUDARA-SAUDARANYA

???????? ????? ???????????? ??????? ???????????# ?????????? ??????? ????????? ??????
Kaana merofa’kan pada Mubtada’ sebagai isimnya, dan kepada Khabar yakni menashabkannya, demikian ini seperti contoh: Kaana sayyidan ‘Umaru (adalah seorang tuan siapa Umar)

LAFAZH-LAFAZH SAUDARA KANA

??????? ????? ????? ??????? ????????# ??????? ??????? ?????? ????? ???????
Adalah seperti Kaana (merofa’kan pada Mubtada’ sebagai isimnya dan menashobkan khobarnya) yaitu lafazh: Zholla (menjadi di siang hari), Baata (menjadi di malam hari), Adh-ha (menjadi diwaktu dhuha), Amsaa (menjadi diwaktu sore), Shooro (menjadi), Laisa (tidak). Zaala (senantiasa), Bariha (senantiasa)

??????? ?????????? ?????? ????????????# ???????? ????? ??? ??????? ??????????
Fati-a (senantiasa) Infakka (senantiasa). Adapun yang empat ini (Zaala Bariha Fati-a Infakka) harus diikutkan pada nafi atau serupa nafi

???????? ????? ????? ???????????? ????? #???????? ??? ?????? ?????????? ??????????

Dan semisal Kaana (merofa’kan pada Mubtada’ sebagai isimnya dan menashobkan khobar sebagai khobarnya) yaitu lafazh: Daama yg didahului dengan Maa mashdariyyah-zharfiyyah, seperti contoh: A’thi..! maa dumtu mushiiban dirhaman (berikan ia uang selama kamu punya)

???????? ????? ???????? ???? ???????# ???? ????? ?????? ???????? ?????? ????????????
Selain bentuk fi’il madhi (kaana dan sdr-nya) jelas beramal semisal fi’il madhinya, apabila selain bentuk fi’il madhinya dipergunakan.


KHOBAR KANA DALAM PELETAKANNYA

????? ?????????? ????????? ?????????# ?????? ??????? ???????? ????? ??????
Perbolehkanlah..! menengahi khobar (antara amil dan isimnya) pada semua kanaa dan saudara-saudaranya. Dan setiap mereka (nuhat/arabiy) melarang mendahulukannya khobar pada Daama.

??????? ?????? ?????? ??? ?????????????# ?????? ????? ??????????? ??? ?????????
Demikian juga dilarang mendahukan khobar pada maa nafi, maka jadikanlah ia (maa nafi) sebagai yang di-ikuti bukannya yang mengikuti

???????? ?????? ?????? ?????? ????????# ????? ??????? ??? ???????? ?????????
Pelarangan mendahulukan khobar pada “Laisa” adalah hukum yang dipilih. Saudara-saudara Kaana yang Tam, yaitu setiap yang cukup dengan marfu’nya saja (isimnya)


FI’IL NAQISH DAN FI’IL TAM

????? ??????? ??????? ???????????? ??# ??????? ?????? ????? ????????? ?????
Dan saudara kaana selain yg Tam, disebut Naqish. Sedangkan Naqish untuk lafazh “Fati-a”, “Laisa” dan “Zaala” selamanya diikuti/ditetapkan sebagai Naqish

PERIHAL MA’MUL KHOBAR DIDAHULUKAN

????? ????? ????????? ????????? ????????# ?????? ????? ??????? ????? ???? ?????? ????
Ma’mulnya khobar tidak boleh mengiringi amil … kecuali bilamana ma’mul tsb berupa zhorof atau jar-majrur

?????????? ??????? ??????? ????? ???# ????? ???????? ??? ?????????? ??????? ?????????
mengiralah dhomir syaen sebagai isimnya kaana dan saudaranya, apabila terdapat anggapan benar dari kalam arab yang nyata-nyata dilarang (ma’mul khobar mengiringi kaana cs, pada bait sebelumnya).

KAANA ZAIDAH

?????? ??????? ????? ??? ?????? ?????# ????? ??????? ?????? ???? ??????????
terkadang kaana ditambahi (hanya zaidah) diantara dua kalimah (yg mutalazim) contoh: MAA KAANA ASHOHHA ILMA MAN TAQODDAMAA “alangkah shahnya ilmunya orang-orang terdahulu.

KAANA DIBUANG

????????????????? ???????????? ????????# ???????? ???? ?????? ?????????? ??? ?????????
Mereka (ulama nuhat, orang arab) membuang kaana (berikut isimnya) dan menyisakan khobarnya. Demikian ini sering terjadi dan banyak, ketika kaana berada setelah “in syarthiyah” atau “lau syarthiyah”.

MAA MENGGANTIKAN KAANA

???????? ???? ?????????? ??? ??????? ?????????# ???????? ?????? ?????? ?????? ???????????
Sesudah huruf “AN masdariyah” menggantikannya Maa dari Kaana diberlakukan, semisal contoh: AMMA ANTA BARRAN FAQTARIB “jadilah dirimu orang baik kemudian mendekatlah (pd-Nya) “

PEMBUANGAN KAF PADA LAFAZH YAKUN

?????? ????????? ??????? ??????????# ???????? ?????? ?????? ?????? ??? ?????????
Dari fi’il mudhari’nya kaana yg dijazmkan (YAKUN) huruf Nun-nya dibuang, pembuangan ini tidaklah musti (boleh).

?????? ??? ??? ????? ??????? ?????? ??????????????? ????????


BAB MAA, LAA, LAATA DAN IN YG BERAMAL SERTI LAISA
PEMGAMALAN “MAA NAFI” DAN SYARAT-SYARATNYA

????????? ?????? ?????????? ??? ?????? ???? # ???? ????? ????????? ???????????? ??????
Diamalkan seperti amal laisa (merofa’kan isimnya dan menashobkan khobarnya) yaitu MAA NAFI tanpa IN, beserta tetapnya nafi (tanpa illa) dan susunan tertib yg dimaklumi (mubtada di depan khobar di belakang).

KEBOLEHAM MA’MUL KHOBAR MAA NAFI DIKEDEPANKAN

???????? ?????? ????? ???? ?????? ????? # ???? ?????? ?????????? ??????? ??????????
Mendahulukan harf jar atau zharaf, seperti halnya contoh: MAA BIY ANTA MA’NIYYAN (kamu tidaklah perhatian padaku), Ulama membolehkannya.

MA’THUF DG LAAKIN/BAL PADA KHOBAR MAA NAFI , WAJIB ROFA’

???????? ?????????? ??????? ???? ?????? # ???? ?????? ?????????? ????? ??????? ?????? ?????
Merofa’kan isim yg diathafkan dg huruf LAAKIN atau BAL setelah isim yg dinashabkan oleh MAA, hukumilah wajib (wajib rofa’) bagimu sekiranya ini terjadi (contoh: MAA ZAIDUN QOOIMAN LAAKIN JAALISUN)

TAMBAHAN BA’ HURUF JAR, PADA KHOBARNYA MAA/LAISA.

???????? ??? ???????? ????? ?????? ????????? # ???????? ??? ???????? ????? ???? ???????
Setelah MAA dan LAISA sering ada huruf BA men-jarkan khobarnya, sedangkan setelah LAA dan NAFINYA KAANA jarang ada BA men-jarkan khobarnya (contoh: A LAISA-ALLAHU BI AHKAMIL HAAKIMIIN

WA MAA ROBBUKA BI ZHOLLAAMIN-LIL ‘ABIID)
PENGAMALAN  LAA, LAATA DAN IN

??? ???????????? ?????????? ???????? ??? # ?????? ????? ????? ?????? ??? ??????????
“LAA” diamalkan seperti “LAISA” (merofa’kan isim & menashabkan khobarnya) pada isim-isim nakirah. Terkadang “LAATA” dan “IN” juga mengikuti pengamalan ini.

????? ??????? ??? ????? ?????? ?????? # ???????? ??? ????????? ???????????????? ?????
Dan tidaklah bagi “LAATA” itu beramal pada yg selain HIINA (isim zaman), membuang isimnya sering terjadi, sebaliknya membungan khobarnya jarang.

????????? ??????????????
AF’AALUL MUQOROBAH (KATA KERJA MAKNA HAMPIR SAJA)

??????? ????? ??????? ????? ?????? ?????? ????????? ????????? ??????
Beramal semisal KAANA (merofa’kan mubtada’ sebagai isimnya dan menashabkan khobarnya) yaitu KAADA dan ‘ASAA, akan tetapi khobar untuk keduanya ini jarang selain bentuk fi’il mudhari’.

Contoh:
??? ????? ????
Buah itu hampir matang

??? ????? ?? ???? 
Mudah-mudahan ketentraman ini untuk selamanya

?????????? ??????? ???? ?????? ????? ?????? ??????? ???????? ?????? ???????
Adanya khabar tanpa AN setelah ‘ASAA adalah jarang (khobar ‘ASAA sering dengan AN) sedangkan KAADA, perkara yang ada padanya terbalik (khobar KAADA sering tanpa AN)

Contoh:
1. ??? ??? ?? ???? (sering dg AN)
smoga saja zaid berdiri

2. ?? ??? ??? ???? (sering tnp AN)
hampir saja zaid tidak berdiri

????????? ????? ??????? ??????? ????????? ???????? ?????? ??????????
HAROO seperti ‘ASAA (sama-sama bermakna semoga saja/af’aalur-roja) akan tetapi khabarnya dijadikan bersambung dengan AN secara wajib.
Contoh:

1. ??? ??? ?? ???? (wajib dg AN)
Semoga saja zaid berdiri

???????????? ??????????? ???? ?????? ????? ???????? ???????? ???????? ???? ???????
Mereka (nuhat/arab) mewajibkan IHLAULAQO dengan AN sebagaimana HAROO, sedangkan khobar setelah AUSYAKKA tanpa AN adalah jarang.

Contoh:
1. ??????????? ??? ?? ???? (wajib dg AN)
Semoga saja zaid berdiri
2. ???????? ??? ?? ???? (sering dg AN)
Hampir saja zaid berdiri

???????? ????? ?? ????????? ?????? ??? ?????? ???? ???? ??? ?????????? ???????
“KAROBA” seperti hukum KAADA (sering khobarnya tanpa AN, dan sama bermakna hampir) demikian menurut kaul yang lebih shahih. Atau wajib tanpa AN sebagai Af’aalus-Syuruu’ (kata kerja bermakna memulai).

?????????? ??????????? ??????? ???????? ????? ???????? ?????????? ????????
Contoh (Af’aalus-Syuruu’) “ANSYA-As-saa-iqu yahdzuu”, “THOFAQO” demikian juga “JA’ALA”, “AKHODZA” dan “‘ALIQO”

Contoh:
??? ??? ?? ????
Zaid hampir berdiri
?????????? ??????????? ???????
Kusir itu mulai menggiring/memacu
??? ??? ?????
Zaid mulai berdoa
??? ??? ?????
Zaid mulai berbicara
??? ??? ????
Zaid mulai menyusun
??? ??? ????

??????????????? ??????????? ?????????? ??????? ??? ?????? ????????? ?????????
Mereka (nuhat/orang arab) mempergunakan juga bentuk fi’il mudhari’ (dalam bab af’aalul muqorobah ini) untuk lafazh AUSYAKKA dan KAADA, dan tidak untuk lafazh yg lainnya, ditambah juga bentuk isim faa’l contoh MUUSYIKUN.

Contoh:
??????? ????????? ???????? ?????????????
Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka… (QS. Al-Baqoroh :20)

??????? ?????????? ???? ???????? ???? ?????? ???? ??????
Hampir-hampir sungai Furot itu merasa letih karena emas yg dikandungnya … (HR. Bukhari Muslim)

??????????? ????????? ???? ??????? ????? ?? ???????? ???????? ????????
Hampir-hampir bumi kami setelah dihuni kembali menjadi tanah liar dan mati. (Syahid Syair oleh Abu Sahm Al-Hudzaliy)

?????? ????? ??????????? ???????? ???? ?????? ????? ?????? ???????? ???? ????? ??????
Setelah ASAA, IKHLAULAQO dan AWSYAKKA, sungguh ditemukan cukup dengan AN YAF’ALA (jumlah AN dan Fiil Mudhari cukup sebagai isimnya tanpa Khobar, ya’ni ketiga Af’alul Muqorobah tsb diberlakukan sebagai Fi’il Tam) tanpa kata kedua (khobarnya) yang dihilangkan.

Contoh:
??? ?? ???? = mudah-mudahan dia berdiri
?????? ?? ???? = mudah-mudahan dia datang
???? ?? ???? = hampir lagi dia mengerjakannya
??????????? ????? ???? ??????? ????????? ????? ???? ????? ????????? ???? ???????
1- Kosongkan! lafazh ‘ASAA, atau (pilih) 2- Rofa’kan dhamir mustatir yg ada pada ‘ASAA. Apabila terdapat isim yang disebut sebelumnya.
Contoh: ??? ??? ?? ???? “semoga zaid sembuh”
1. Asaa menjadi Fi’il Tam, kosong tanpa dhamir, dan faa’ilnya adalah ta’wil masdar “AN YABROA”
2. Asaa ,menjadi Fi’il Naqis, mengandung dhamir mustatir sebagai isimnya, dan khobarnya adalah ta’wil masdar “AN YABROA”

??????????? ?????????? ?????? ??? ?????????? ???? ?????? ???????? ?????????? ???????????????
Perkenankanlah! mengharkati fathah atau kasrah untuk Sin dari contoh ‘ASAITU (‘asaa yg bersambung dengan dhamir rofa’ mutaharrik). Memilih harakat fathah adalah yg umum.

Contoh:

?????? ?????????? ???? ????????????? ???? ?????????? ??? ?????????
Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi..?